Tunggu Sebentar ya...

Edhi Sunarso, Bapak Seni Modern

Tugu Selamat Datang atau Tugu Dirgantara di Bundaran Hotel Indonesia masih berdiri kokoh dan menjadi ikon Ibukota Jakarta. Sementara itu diorama sejarah dalam Monumen Nasional juga masih terus bercerita bagi para pengunjung.

Karya-karya yang tak lekang dimakan zaman itu adalah karya Edhi Sunarso, pria kelahiran Salatiga yang kini memasuki usia 78 tahun. Karena karya-karyanya yang luar biasa, maka negara menganggapnya berjasa besar dengan dianugrahi Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma.

Sang Pematung mempunyai keahlian yang mumpuni, bukan diperolehnya begitu saja tanpa disengaja. Di samping bakat sejak kecil, dia selalu belajar dan berlatih sendiri, termasuk saat di balik jeruji besi kala ditangkap tentara NICA. Di sel, dia belajar menggambar dengan kertas seadanya.

Alumnus Akademi Senirupa Indonesia ini di tahun 1958 menjajal kemampuannya setelah diminta oleh Presiden Soekarno merancang patung untuk menyambut kedatangan para atlet peserta Asean Games. Karya demi karya dihasilkannya dan menunjukkan eksistensi indonesia di mata dunia.

Di usia senjanya, pelopor seni patung modern Indonesia ini masih terus berkarya. Dia masih aktif mendesain dan membuat patung di galerinya kawasan Kaliurang, Yogyakarta. Dia juga masih berkeinginan membuat diorama Yogyakarta.

Bagi Edhi, karya-karya patungnya bukan sekadar landmark melainkan sebagai saksi pahit getirnya perjalanan sebuah bangsa meneguhkan diri di mata dunia.(JUM)

Source : Liputan6.com

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih ya atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi blog Ismanadi :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
Copyright © Ismanadi
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com