Tunggu Sebentar ya...

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Image Source : Inconclusion

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di salah satu SMP Swasta kota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan elekton. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang seorang Jawa mendengarkan lagu tersebut karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya).

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada dua sosok orang penting di negeri ini, yang pertama tepatnya beberapa tahun yang lalu saat bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) masih dalam posisi sebagai calon Presiden dan kala itu lagi maraknya atmosfir kampanye, di salah satu stasiun TV nasional sempat menyiarkan SBY ketika membawakan sebuah lagu Pop “Pelangi Di Matamu” yang dipopulerkan grup band Jamrud. Ingatan saya yang kedua kembali kepada era kepemimpinan bapak Basofi Sudirman sebagai Gubernur Jawa Timur, beliau juga sempat melantunkan lagu “Tidak Semua Laki-Laki” yang bergenre Pop Dangdut. Untuk lagu Malang Awe-Awe ini juga demikian, ada kesamaan dengan 2 tokoh di atas, sama-sama dilantunkan juga oleh tokoh pejabat pemerintahan, sekalipun dulu pak SBY tidak sampai masuk studio rekaman seperti pak Basofi Sudirman ataupun pelantun lagu Malang Awe-Awe ini. Beliau adalah Drs. Peni Suparto, MAP. Tokoh yang saat ini masih menjabat sebagai Wali Kota Malang inilah yang mempopulerkan lagu Malang Awe-Awe yang bisa dikategorikan bergenre Campursari. Sebuah lagu yang mencitrakan keadaan kota Malang baik sebagai kota Industri, Pariwisata dan juga Pendidikan.

Berikut ini lirik lagu dari Malang Awe-Awe dan juga video regu paduan suara (ketika acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di SMP KARTIKA IV-9 kota Malang ) yang juga membawakan lagu tersebut.

Lirik Malang Awe-Awe
elah...kae kutho malang awe-awe
ngajak poro kadang kabeh nyambut gawe
elah...kae kutho malang awe-awe
lanang wadon podho giat wes mestine
(I)
kutho malang bebarengan mangayu bagyo
kutho malang muwadi urip kang mulyo
ayo podho cancut tali wondho
mangun projo kutho malang utomo
gemah ripah loh jinawi
elah...kae kutho malang awe-awe
latah endah apik resik wes pantese
elah...kae kutho malang awe-awe
tujuane prowisoto sejatine
back to (I)
kutho malang...kutho malang
kutho malang...awe-awe

(Mohon dikoreksi liriknya, mungkin ada yang kurang pas; soalnya ini saya tulis langsung sesuai pelafalan vokalnya dengan mendengarkan Mp3-nya langsung) unduh Mp3-nya di sini
.

2 comments:

Anonim mengatakan...

terima kasih ya pak dapa mbantu tugas saya.

Terimakasih Anonim Untuk Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Ismanadi
Prima Aquino mengatakan...

(Latah) indah apik resik (wes) pantese (salah)

(Tlatah) indah apik resik (wis) pantese (benar)

LATAH : SUKA MENIRUKAN
TLATAH: TEMPAT

Terimakasih Prima Aquino Untuk Komentar Anda Pada Artikel Ini.
by Ismanadi

Posting Komentar

Terima Kasih ya atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi blog Ismanadi :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
Copyright © Ismanadi
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com