Tunggu Sebentar ya...

Cross Stitch : Seni Menyulam Yang Unik

Gara-gara di rumah ada pajangan jadul banget yakni sebuah gambar mawar merah yang terbuat dari rajutan-rajutan berbagai benang, menjadikan rasa penasaran saya untuk bertanya apa, siapa, dimana dan kapankah karya indah ini mulai terpasan di rumah. Tapi sayang, belum ada jawaban apapun yang membuat saya puas, so browsinglah pelampiasannya. untuk setidaknya tahu, apa sih yang dimaksud dengan kristik, seperti yang mereka katakan untuk karya pajangan dirumah ini.

Cross Stich atau saya lebih familiar menyebutnya dengan "Kristik", yakni seni menyulam dengan model jahitan tertentu. Dalam Wikipedia, Cross Stich diartikan sebgai popular form of counted-thread embroidery in which X-shaped stitches in a tiled, raster-like pattern are used to form a picture. Dalam terjemahan kasar saya yang berarti; Sulaman benang bordir dengan pola hitungan dengan bentuk jahitan X yang digunakan untuk membentuk gambar (demikian terjemahan kasar saya, mohon tidak diprotes heheh).

Cross-stitch ternyata merupakan salah satu bentuk tertua bordir yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Dari penelusuran saya lebih lanjut. Ternyata banyak sekali yang menjadikan seni ini sebagai lahan bisnis untuk menopang kebutuhan hidup. Hmm...banyak juga dari mereka yang hanya menjual pola pattern dari cross stich dengan banderol USD $15, padahal sebenarnya dan spertinya kita sendiri juga bisa membuat pola itu dengan bantuan Freeware Cross Stitch yang bisa kita unduh secara gratis.

Well, terlepas dari apapun, jika berbicara tentang karya seni yang membedakan adalah skill dan juga sense of art. Seperti halnya Cross Stitch ini. Bisa jadi semua orang mampu membuatnya, tapi tidak setiap orang memiliki sentuhan yang sama, dalam hal keindahan hasil akhir, dan juga kepuasan orang yang menikmatinya, so kalo toh harus ada yang berbanderol USD $15, rasa-rasanya juga masih sangat terjangkau, karena bagaimanapun karya seni itu memang mahal.
image Source : Di sini

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih ya atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi blog Ismanadi :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
Copyright © Ismanadi
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com