Langsung ke konten utama

Lomba Foto Wisata Malang Selatan : Pemandian Alam Telaga Jenon


Lomba Foto Potensi Wisata Malang Selatan

Wahana wisata alam yang menyuguhkan kejernihan dan kemurnian air sumber dari kaki gunung Ronggo ini termasuk objek wisata yang masih sangat asri dan alami. Pemandian alam yang dikenal dengan sebutan Telaga Jenon ini berada di kawasan daerah paling timur kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Tepatnya di desa Gunung Ronggo. Meski belum tergarap dengan serius oleh pemerintah desa setempat, pemandian alam ini cukup digemari oleh wisatawan sekitarnya, terlebih bagi muda-mudi yang sedang jatuh hati, karena cukup banyak “space” buat nongkrong berdua tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Karena selain tidak dipungut biaya masuknya, di hari-hari biasa tidak ada tukang parikir yang bertugas. Hanya dihari-hari libur saja ditarik ongkos parkir sebesar Rp. 2.000,- untuk bisa memasuki area Pemandian Alam Telaga Jenon.

Pemandian Alam Telaga Jenon telah dilengkapi juga dengan fasilitas pendukung seperti cafe, ruang bilas dan ganti baju, musholla, Persewaan pelampung, dan juga beberapa pedagang kaki lima. Fasilitas cafe yang berada di areal Telaga Jenon ini juga menjadi daya tarik lebih, karena selain lokasinya yang nyaman dengan penyajian lesehan menghadap view perbukitan, juga dilengkapi dengan fasilitas karaoke keluarga serta menu-menu yang mengundang selera sehabis lelah berenang. Akses jalan menuju lokasi Telaga Jenon dapat dilalui kendaraan roda dua maupun empat, akan tetapi sedikit terkendala dengan kondisi aspal yang mulai terkelupas, sehingga untuk mencapai tempat itu yang biasanya dapat ditempuh selama 15 menit dari pasar Tajinan dengan kendaraan pribadi menjadi sedikit melambat 10 menit. Selain dimanfaatkan untuk pemandian, di lokasi Telaga Jenon juga seringkali digunakan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan, karena merupakan satu paket dengan jalur tracking yang melintasi puncak gunung ronggo dan berakhir di Telaga Jenon ini. (ismanadi )

Air telaga yang membiru tanda dasar telaga yang dalam
( kedalaman terdangkal dari telaga jenon 165 cm)

Tampak depan dari JN Cafe

Plakat Pelestarian Telaga Jenon

Ruang ganti baju, toilet dan juga pintu masuk JN Cafe

Komentar

  1. waduh, indah bget ya? rada-rada mistik gitu tempatnya, penuh dengan tantangan. Harus di datangi nih, barusan tahu.
    Pingi berenang sampai puas....

    BalasHapus
  2. patut di datangi gan, nice try:D

    BalasHapus
  3. Selamat-selamat buat ismanandi atas jerih payahnya, jepret sana, jepret sini, akhirnya ada hasilnya. Sekali lagi selamat atas keindahan fotonya Gan!
    he...he...he.....
    kayak ulang tahun aja.......

    BalasHapus
  4. Wahwahwah kerennn banget tu pemandiannya patut di coba nih semoga tambah sukses pariwisata Indonesia kedepannya khusunya di malang. nice info gan berkunjung balik ya ke http://7og4nk.blogspot.com

    BalasHapus
  5. banyak banget wisata kota malang yang bagus" n masih alami,, sayang pemerintah kota malang kurang peka dalam menghadapi..
    padahal jika di jadikan tempat wisata akan memberi pandapatan kota...

    BalasHapus
  6. baru tw potensi masel ternyata indah juga, tp saya tdk tw lokasinya bisa dikasih petunjuk g? saya pengen kesana kebetulan saya pernah ke kepanjen, klo dr arah kepanjen kemana untuk dapat nyampe telaga jenon tsb? Tq

    BalasHapus
  7. Bersama keluarga, saya sempat bermain flying fox dan berenang di Telaga Jenon. Setelah saya unggah fotonya melalui jejaring sosial, seorang teman penulis sejarah dan novel sejarah malah menanyakan sejarahnya. Semoga bisa ditambahkan. Salam. sakbanrosidi.saminoe@gmail.com

    BalasHapus
  8. woow masuk juga ya Sumber Jenon di internet, ayo hidupkan lagi wisata mumer ini. hihi! http://duniawisataku.com/ check this out!

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih ya atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi blog Ismanadi :D

Postingan populer dari blog ini

Estetika dalam Seni dan Desain

Oleh : Dr. Agus Priyatno, M.Sn*

Estetika atau nilai-nilai keindahan ada dalam seni maupun desain, yang membedakan adalah estetika dalam seni untuk diapresiasi, sedangkan estetika dalam desain adalah bagian dari sebuah fungsi suatu produk.

Dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).
Aspek keamanan berarti suatu produk desain tidak mencelakai pemakainya. Aspek ergonomi berarti suatu produk desain proporsinya pas ketika dipakai. Aspek keindahan berarti suatu produk disain harus enak dilihat.
Sebuah kursi harus kuat supaya tidak rubuh ketika diduduki, maka ini berkaitan dengan keamanan. Kursi harus proporsional dengan ukuran manusia, sehingga terasa pas dipakai. Tidak terlalu tinggi at…

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Image Source : Inconclusion

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di salah satu SMP Swasta kota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan elekton. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang seorang Jawa mendengarkan lagu tersebut karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya).

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada dua sosok orang penting di negeri ini, yang pertama tepatnya beberapa tahun yang lalu saat bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)…

Memahami Seni (Lukis) Modern

Oleh : Dr. Agus Priyanto*
Kapan permulaan senilukis modern? Banyak jawaban muncul berkaitan dengan pertanyaan ini. Sejumlah pakar seni memberi jawaban berdasarkan argumentasi mereka masing-masing. Senilukis modern adalah julukan bagi senilukis yang memuat kreativitas individu dan unsur-unsur kebaruan di dalamnya.

Berdasarkan definisi ini, senilukis modern mencakup lukisan-lukisan sejak zaman prasejarah, hingga kini yang memiliki karakteristik. Pengertian senilukis modern ini menunjukkan, modern adalah hal yang berkaitan dengan karakteristik, bukan waktu. Modern setiap zaman bisa berbeda-beda kualitasnya, sejauh lukisan memiliki karakteristik, maka dapat disebut seni lukis modern.

Definisi Para Pakar

Para ahli sejarah seni di Barat tidak bisa menyatakan batas pasti permulaan senilukis modern. Sarah Newmeyer dalam Enjoying Modern Art (1955) menyatakan, "Seni modern boleh jadi sebuah lukisan seekor bison yang digoreskan duapuluh ribu tahun lalu, pada dinding gua Lascaux di Selatan Pran…