Langsung ke konten utama

Ultah Komunitas Blogger Malang Selatan #1

Akhirnya genap setahun sudah, waktu telah menghitung dan mengikuti langkah Komunitas Blogger Malang Selatan dalam mengarungi dunia maya dengan berkendaraan blog. Tepat pada tanggal 23 Desember 2010 merupakan hari jadi dari komunitas ini, tanggal yang sama pada setahun yang lalu ketika kali pertama para pecinta blog khususnya di Malang Selatan berkumpul bersama, makan bersama, dan tentunya saling mengapresiasi blog satu sama lain bersama-sama yang bertempat di Warung Ijo Ardirajasa Kepanjen. Sebuah momenyang tentunya sulit untuk dilupakan, dan kini sudah tertorehkan menjadi satu tambahan sejarah dalam dunia yang menyatukan mereka ini.

Langkah awal setahun lalu bukanlah isapan jempol semata, bukanlah show of force belaka yang setelah itu kembali memadam. Hal itu terbukti dari follow up kegiatan yang disepakati dengan kumpul-kumpul rutin atau lebih enak disebut dengan kopi darat (Kopdar), serta beberapa kegiatan lomba yang diselenggarakan Komunitas ini yang resmi bermarkas di http://malangselatan.com. Kopdar yang kedua telah terselenggara dengan sangat sukses. Dengan bertempat di MTs Negeri III Sepanjang Gondanglegi (Masanega) yang sekaligus diisi dengan pengumuman pemenang lomba Logo untuk Komunitas Blogger Malang Selatan.

Komunitas Blogger Malang Selatan (BMS) merupakan sebuah komunitas terbuka bagi mereka yang sama-sama memiliki hobby ngeblog, dan secara khusus dan kebetulan sama-sama bertempet tinggal atau berasal dari wilayah Malang Selatan. Sejauh ini anggotanyapun sangat heterogen, mulai dari pelajar, pengajar, praktisi, politisi (yang ini ada gak ya, hayo angkat tangan yang merasa ya…) paramedis, paralegal, Pebisnis, Pejabat (nah yang ini kayaknya hampir semua bakal berstatus ini), akademisi dan juga entertainer.

Dibalik semua aktivitas dan rutinitas yang akhirnya melahirkan Komunitas Blogger Malang Selatan ini tidak terlepas kerja keras dari tiga peblogger yang sekaligus menjadi pencetus berdirinya lahan sillaturrahim bagi para blogger Malang Selatan yakni Mr. Rismariyanto, Mr. Rey Arifin dan juga Mr. Gunawan. Dari ketiga darah muda inilah akhrinya lahir sebuah komunitas yang semakin meramaikan dunia Blogger tanah air. Dan kini setelah menyelesaikan kegiatan terbarunya dengan mengadakan lomba foto potensi wisata Malang Selatan, agenda selanjutnya adalah Kopdar #3 yang sedianya digelar sekaligus dalam rangka merayakan Anniversary-nya yang pertama.

Melalui semangat hari jadi yang pertama yang jatuh pada bulan ini, harapan saya mudah-mudahan wadah ini senantiasa maju dengan torehan kegiatan-kegiatan yang semakin menarik dan juga mendidik sehingga semakin menyemarakkan iklim kompetisi yang positif khususnya diantara anggota untuk kemajuan bersama dan tentunya untuk sebagai sarana penghidupan dan kehidupan yang lebih baik, khususnya kehidupan di dunia kedua yakni dunia maya. Semoga ini tidak berlebihan. Dan terakhir, selamat ulang tahun Komunitas Blogger Malang Selatan, Mari tunjukkan identitas dengan berkratifitas tanpa batas. Salam Blogger. Ismanadi

Komentar

Posting Komentar

Terima Kasih ya atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi blog Ismanadi :D

Postingan populer dari blog ini

Estetika dalam Seni dan Desain

Oleh : Dr. Agus Priyatno, M.Sn*

Estetika atau nilai-nilai keindahan ada dalam seni maupun desain, yang membedakan adalah estetika dalam seni untuk diapresiasi, sedangkan estetika dalam desain adalah bagian dari sebuah fungsi suatu produk.

Dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).
Aspek keamanan berarti suatu produk desain tidak mencelakai pemakainya. Aspek ergonomi berarti suatu produk desain proporsinya pas ketika dipakai. Aspek keindahan berarti suatu produk disain harus enak dilihat.
Sebuah kursi harus kuat supaya tidak rubuh ketika diduduki, maka ini berkaitan dengan keamanan. Kursi harus proporsional dengan ukuran manusia, sehingga terasa pas dipakai. Tidak terlalu tinggi at…

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Image Source : Inconclusion

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di salah satu SMP Swasta kota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan elekton. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang seorang Jawa mendengarkan lagu tersebut karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya).

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada dua sosok orang penting di negeri ini, yang pertama tepatnya beberapa tahun yang lalu saat bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)…

Memahami Seni (Lukis) Modern

Oleh : Dr. Agus Priyanto*
Kapan permulaan senilukis modern? Banyak jawaban muncul berkaitan dengan pertanyaan ini. Sejumlah pakar seni memberi jawaban berdasarkan argumentasi mereka masing-masing. Senilukis modern adalah julukan bagi senilukis yang memuat kreativitas individu dan unsur-unsur kebaruan di dalamnya.

Berdasarkan definisi ini, senilukis modern mencakup lukisan-lukisan sejak zaman prasejarah, hingga kini yang memiliki karakteristik. Pengertian senilukis modern ini menunjukkan, modern adalah hal yang berkaitan dengan karakteristik, bukan waktu. Modern setiap zaman bisa berbeda-beda kualitasnya, sejauh lukisan memiliki karakteristik, maka dapat disebut seni lukis modern.

Definisi Para Pakar

Para ahli sejarah seni di Barat tidak bisa menyatakan batas pasti permulaan senilukis modern. Sarah Newmeyer dalam Enjoying Modern Art (1955) menyatakan, "Seni modern boleh jadi sebuah lukisan seekor bison yang digoreskan duapuluh ribu tahun lalu, pada dinding gua Lascaux di Selatan Pran…