Langsung ke konten utama

Desain Kontes Logo Blogger Malang Selatan #1


Lomba Desain Logo Blogger Malang Selatan

Yah! akhirnya selesai juga deh (menurut penerawangan pribadi saya lho) satu desain logo untuk kontes logo Komunitas Blogger Malang Selatan. Di postingan ini sengaja saya berikan 2 macam alternatif warna background untuk logonya, itu hanya sekedar contoh aplikasi aja semisal nantinya logo ini ditaruh dengan latar belakang warna terang ataupun gelap. Jadi biar ada sedikit gambaran itu aja kok, gimana? Nggak apa-apa kan? Okelah kalo begitu!

Konsep Umum
Sebelumnya mohon dimaklumi kalo memang penjelasan saya nanti kurang bisa diterima, lha maklum aja, soalnya Ismanadi kurang begitu bisa merangkai kata-kata apalagi merangkai bunga…(eits, mulai ngelantur nih) sudah ya langsung aja deh ke penjelasannya.

Awal pembuatan logo yang pertama ini (soalnya ada rencana untuk ngirimin lebih dari satu desain,…he..he.. semoga bisa en nutut aja) konsepnya adalah Minimalis, sepintas objek yang terlihat mirip sebuah lingkaran yang terbuka, akan tetapi itu bukan begitu yang saya maksud, objek yang saya tampilkan merupakan stilasi atau penyederhanaan dari sebuah ombak. J adi objek yang saya visualisasikan itu merupakan sebuah gulungan ombak yang paaaaaanjang dan laaaaaama . (lihat deh gambar ombak di bawah, biar sedikit membantu bergangan-angan kalo logo di atas s merupakan visualisasi sederhana dari ombak).


Selanjutnya mungkin ada yang bertanya-tanya, loh kok ada ombak warnanya merah? Kalo itu nanti dulu saja saya terangkan (sabar deh, teruskan baca aja dulu ya). Lantas kenapa saya ambil objek ombak, yah karena laut-laut Malang Selatan merupakan salah satu penghasil ombak yang cukup gigih dan besar besar tentunya. Ya nggak? He’eh gituloh.

Arti Logo
Kebersamaan, Keuletan, dan Keseimbangan
3 kata di atas merupakan kata kunci daripada arti dari logo ini. Menurut penulis ombak merupakan sekumpulan air yang berasal dari berbagai sungai dan kemudian bergabung di laut dan terdorong oleh sejumlah angin sehingga bisa bergerak dengan kecepatan dan dengan ketinggian tertentu. Begitu juga dengan Konunitas Blogger Malang Selatan, ia merupakan sekumpulan orang-orang dengan latar belakang yang bermacam-macam, dan dengan satu dorongan kepentingan yang sama (yaitu ngeblog) dalam area yang sama (sama-sama Malang Selatan) yang bersatu untuk tujuan yang sama pula yaitu kemajuan bersama.

Kemudian bila kita tengok lagi mengenai ombak, sekeras apapun karang yang diterjang ombak, lambat laut akan pupus terkena kumpulan air yang halus itu. hal itu bisa terjadi karena gigihnya usaha yang dilakukan oleh ombak, ia terus menerus menggerus apa yang ada dihadapannya. Begitu juga dengan komunitas ini dalam mencapai tujuan bersama, suatu keberhasilan itu tentunya tidak dapat diperoleh semudah mengedipkan mata hanya dengan sekali berencana, atau mungkin semalam berusaha, lebih-lebih menunggu semuanya tiba begitu saja. Dibutuhkan suatu keuletan dalam melakukan serangkaian doa dan usaha.

Nah kemudian mengenai warna merah dan biru (terlepas dari arti warna itu sendiri), dalam logo ini merupakan sebuah simbol air dan api; saya visualisasikan demikian karena hanya untuk mewakili adanya sebuah keseimbangan seperti ada malam, tentunya juga ada siang, ada langit, ada juga bumi, nah ada air juga nggak lengkap tanpa adanya api. Jadi satu arti yang dapat ditarik seberapapun kita cinta mati dengan dengan blogger kita, tentunya kita harus bisa menyeimbangkan dengan kegiatan lainnya, ada waktu khusus untuk ngeblog, ada waktu khusus untuk keluarga, diri seniri, dan juga waktu-waktu lainnya. Sehingga jangan sampai waktu-waktu yang sememangnya untuk kegiatan yang seharusnya harus terpotong dengan kegiatan yang lain yang bukan waktunya.

Udah capek bacanya kan? Ya sudah semoga sedikit ceramah, tausiyah, pidato obrolan atau lebih tepatnya bualan saya ini bisa menjelaskan sedikit mengenai arti dari logo yang saya buat untuk Komunitas Blogger Malang Selatan, harapan saya semoga pejelasan ini bisa bermanfaat, lebih-lebih bisa menginspirasi kita semua (uh, XL banget nih; Xtra Lebay) untuk bisa menyumbangkan ide-idenya dalam wadah sebuah logo untuk kontes ini dan lainnnya. Tetap semangat, tetap kreatif, dan maju terus Komunitas Blogger Malang Selatan. Wassalam 

Komentar

  1. sip! selalu dengan desain2 gaul n cool, maju terus desainer2 malang selatan viva seni budaya.....he...he...he.....

    BalasHapus
  2. bagus desainnya, sudah mengarah ke penonjolan malang selatan (ombak).

    BalasHapus
  3. thanks boz: insya qjji yang selanjutnya lebih manteb. he..he.. (semoga aja nanti nutut) mr. Andy kemon sir upload lagi desainnya yang lain:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih ya atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar anda, karena komentar anda sangat berarti bagi blog Ismanadi :D

Postingan populer dari blog ini

Estetika dalam Seni dan Desain

Oleh : Dr. Agus Priyatno, M.Sn*

Estetika atau nilai-nilai keindahan ada dalam seni maupun desain, yang membedakan adalah estetika dalam seni untuk diapresiasi, sedangkan estetika dalam desain adalah bagian dari sebuah fungsi suatu produk.

Dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).
Aspek keamanan berarti suatu produk desain tidak mencelakai pemakainya. Aspek ergonomi berarti suatu produk desain proporsinya pas ketika dipakai. Aspek keindahan berarti suatu produk disain harus enak dilihat.
Sebuah kursi harus kuat supaya tidak rubuh ketika diduduki, maka ini berkaitan dengan keamanan. Kursi harus proporsional dengan ukuran manusia, sehingga terasa pas dipakai. Tidak terlalu tinggi at…

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Image Source : Inconclusion

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di salah satu SMP Swasta kota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan elekton. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang seorang Jawa mendengarkan lagu tersebut karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya).

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada dua sosok orang penting di negeri ini, yang pertama tepatnya beberapa tahun yang lalu saat bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)…

Memahami Seni (Lukis) Modern

Oleh : Dr. Agus Priyanto*
Kapan permulaan senilukis modern? Banyak jawaban muncul berkaitan dengan pertanyaan ini. Sejumlah pakar seni memberi jawaban berdasarkan argumentasi mereka masing-masing. Senilukis modern adalah julukan bagi senilukis yang memuat kreativitas individu dan unsur-unsur kebaruan di dalamnya.

Berdasarkan definisi ini, senilukis modern mencakup lukisan-lukisan sejak zaman prasejarah, hingga kini yang memiliki karakteristik. Pengertian senilukis modern ini menunjukkan, modern adalah hal yang berkaitan dengan karakteristik, bukan waktu. Modern setiap zaman bisa berbeda-beda kualitasnya, sejauh lukisan memiliki karakteristik, maka dapat disebut seni lukis modern.

Definisi Para Pakar

Para ahli sejarah seni di Barat tidak bisa menyatakan batas pasti permulaan senilukis modern. Sarah Newmeyer dalam Enjoying Modern Art (1955) menyatakan, "Seni modern boleh jadi sebuah lukisan seekor bison yang digoreskan duapuluh ribu tahun lalu, pada dinding gua Lascaux di Selatan Pran…