Langsung ke konten utama

Desain Kontes Logo Blogger Malang Selatan #2


Lomba Desain Logo Blogger Malang Selatan
Ehem….mumpung suasana lagi liburan sekolah, jadi punya sedikit tambahan waktu luang buat mlototin monitor usang, dan well… kupastikan desain logo yang kedua untuk diikutkan pada ajang kontes desain logo blogger malang selatan akhirnya kelar juga (alhamdulilah 1000x). Desain kali ini nuansanya lebih ringan ketimbang yang sebelumnya, karena tema untuk kali ini adalah dengan meminjam media kartun sebagai sarana visualisasi logo yang saya buat. Mengingat menurut saya pribadi kartun memiliki daya pikat dan juga fungsi yang cukup kuat yaitu luwes dan naratif .


Konsep Umum,
Cucak Hijau dan Ikan Cucuk
Karakter yang saya tampilkan dalam desain kedua ini adalah burung Cucak Hijau (Chloropsis Sonnerati) yang termasuk salah satu spesies burung berkicau dari keluarga Cucak sejati, ia memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan Cucak Rante dan Cucak Thailand, tetapi kekerabatannya agak jauh dari cucakrawa yang bukan termasuk Cucak sejati.(maap2 sekilas info nih…he..he..) dan karakter yang kedua adalah Ikan cucuk (istilah saya sendiri) atau Ikan Gergaji (Sailfish). Eits.. tunggu sebentar , kira-kira ada nggak yang bertanya kenapa saya menggunakan 2 karakter hewan tersebut? Ada ngga ada tetap saya jawab aja deh. Jadi begini sodara-sodara sekalian, kedua hewan terseebut jelas-jelas sangat identik dengan Malang Selatan (lagi-lagi menurut saya pribadi loh) pertama; Malang Selatan termasuk salah satu endemik dari burung ini, karena penuls pribadi pernah menjumpainya di daerah Kondang Merak (he..he.. tapi waktu itu penulis masih SMP) dan kedua, ikan cucuk keberadaannya juga di laut kan tentunya? Nah lo! (sedikit memaksa nih penejlasannya) Di laut Malang Selatan pastinya ada kan tuh ikan, gak percaya? Coba deh cek di TPI sendang biru:)



Arti Logo
Fun & Friend
2 kata di atas (Fun & Friend.red) merupakan benang merah yang dapat dijadikan patokan untuk menguraikan arti dari logo ini. Seperti yang sudah saya singgung di atas (bukan pembaca loh yang saya singgung) logo ini bertemakan kartun, pemilihan tema ini bertujuan karena saya igin menampilkan objek serta penggunaan font yang luwes, sehingga menjadi sebuah logo yang jauh dari kesan ke-formal-an. Karena menurut saya pribadi komunitas ini bukanlah kebersamaan yang dibangun di atas keformalan melainkan kebersamaan yang dibangun di atas rasa sama-sama suka dan sama-sama memiliki yang tentunya dibutuhkan keluwesan diri untuk menyikapinya.

Fun & Friend saya gambarkan dari 2 hewan yang berbeda alam, dan dalam logo itu meraka saling berpelukan, itu artinya komunitas ini sangat pluralistik dari segi latar belakang, baik segi pendidikan, karir, keluarga, umur dan juga lainnya. Dan tetap bisa harmonis sekalipun ada sudut perbedaan yang menempel pada setiap anggotanya. Dan bila diamati lebih cermat lagi, pose kedua mahluk tersebut mengisyaraktkan sebuah inisial huruf “M” yang saya artikan sebagai Malang. (hufff….tarik nafas dulu ah… biar gak tegang).


Nah, last but not least; mengenai ikan cucuk (Sailfish) merupakan ikan tercepat di dunia, ia mampu berenang dengan kecepatan 110 Kph atau 110 Km/Jam (walah motor prima saya kalah nih), itu artinya seorang blogger harus senantiasa terbiasa dengan kecepatan arus informasi. Semetara itu untuk Cucak Hijau merupakan burung yang agresif dan mampu menirukan ocehan burung apapun. Bahkan suara serangga, anjing, ayam, atau bunyi peluit dan sirine pun mampu ditirunya. Hal itu berarti sebagai seorang blogger dituntut mampu menginformasikan berbagai hal dengan tepat dan tentunya secara bijaksana.

Itulah sedikit gambaran mengenai logo yang kedua dengan tema Fun & Friend kali ini, sampai ketemu lagi wez di ulasan-ulasan yang lain. Semoga bermanfaat. Santen parutan klopo, mangan kupat njero segoro, cekap semanten atur kawulo, bilih wonten sing lepat nyuwun ngapuro. Be creatif, keep blogging.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Estetika dalam Seni dan Desain

Oleh : Dr. Agus Priyatno, M.Sn*

Estetika atau nilai-nilai keindahan ada dalam seni maupun desain, yang membedakan adalah estetika dalam seni untuk diapresiasi, sedangkan estetika dalam desain adalah bagian dari sebuah fungsi suatu produk.

Dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).
Aspek keamanan berarti suatu produk desain tidak mencelakai pemakainya. Aspek ergonomi berarti suatu produk desain proporsinya pas ketika dipakai. Aspek keindahan berarti suatu produk disain harus enak dilihat.
Sebuah kursi harus kuat supaya tidak rubuh ketika diduduki, maka ini berkaitan dengan keamanan. Kursi harus proporsional dengan ukuran manusia, sehingga terasa pas dipakai. Tidak terlalu tinggi at…

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Image Source : Inconclusion

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di salah satu SMP Swasta kota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan elekton. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang seorang Jawa mendengarkan lagu tersebut karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya).

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada dua sosok orang penting di negeri ini, yang pertama tepatnya beberapa tahun yang lalu saat bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)…

Memahami Seni (Lukis) Modern

Oleh : Dr. Agus Priyanto*
Kapan permulaan senilukis modern? Banyak jawaban muncul berkaitan dengan pertanyaan ini. Sejumlah pakar seni memberi jawaban berdasarkan argumentasi mereka masing-masing. Senilukis modern adalah julukan bagi senilukis yang memuat kreativitas individu dan unsur-unsur kebaruan di dalamnya.

Berdasarkan definisi ini, senilukis modern mencakup lukisan-lukisan sejak zaman prasejarah, hingga kini yang memiliki karakteristik. Pengertian senilukis modern ini menunjukkan, modern adalah hal yang berkaitan dengan karakteristik, bukan waktu. Modern setiap zaman bisa berbeda-beda kualitasnya, sejauh lukisan memiliki karakteristik, maka dapat disebut seni lukis modern.

Definisi Para Pakar

Para ahli sejarah seni di Barat tidak bisa menyatakan batas pasti permulaan senilukis modern. Sarah Newmeyer dalam Enjoying Modern Art (1955) menyatakan, "Seni modern boleh jadi sebuah lukisan seekor bison yang digoreskan duapuluh ribu tahun lalu, pada dinding gua Lascaux di Selatan Pran…