Langsung ke konten utama

Desain Kontes Logo Blogger Malang Selatan #8

Menjelang tiga hari terakhir penutupan Kontes Logo Blogger Malang Selatan (soale pas nulis ini lomba masih kurang tiga hari), ternyata masih ada sedikit ide yang nutut untuk diikut sertakan dalam satu paket karya logo yang sememangnya dikasih batasan 10 item/pack. Diurutan kedelapan ini masih ada sangkut pautnya dengan tema pada desain yang ke-6 dan 5, cuman kali ini terinspirasi oleh karya-karya seorang pelukis berkebangsaan Belanda yang bernama lengkap Pieter Cornelis Mondrian atau yang lebih dikenal dengan "Piet Mondrian" (tumben pembahasane kali ini agak intelek pak?:). Dengan menampilkan 2 objek utama yakni sebuah gambaran bentuk candi atau punden berundak yang divisualkan dengan bentuk kotak-kotak dan juga tulisan Blogger Malang Selatan sendiri yang ditampilkan seakan-akan sebagai bayangan dari objek candi atau punden berundak tersebut.

Lomba Desain Logo Blogger Malang Selatan

Konsep Umum
Terdapat dua objek utama pada desain kali ini yaitu, objek candi atau punden berundak yang bermotif kotak-kota k(kayak kemeja aja, motifnya kotak-kotak...he.he..), dan juga tulisan lengkap Malang Selatan Blogger. dua objek yang digabungkan tersebut menjadi satu bagian utuh, karena untuk tulisan "Malang Selatan Blogger"-nya sendiri diposisikan menjadi objek bayangan candi (efek bayangan benda gitu deh maksudnya). nah terus kenapa begitu? ini dia pertanyaan yang sulit dijawab, well; berangkat dari unsur kesengajaan aja utak-atik komposisi dan ketemu deh enaknya seperti itu, so kalo ditanya mengenai kenapa? ya jawabnya karena banyak hal. salah satunya yang dapat penulis katakan dan sepertinya cocok sebagai jawaban adalah apapun adanya sesuatu di kehidupan ini tidak bisa terlepas dari hal-hal yang senantiasa membayangi kita, baik itu hal yang ingin kita capai atau konkritnya adalah sebuah impian ataupun sesuatu hal lain yang udah kita capai atau sederhananya adalah sebuah kesuksesan (waduh kok mbulet gini sih). nah satu kata kunci yang pas bila dikaitkan dengan Blogger Malang Selatan adalah seberapapun besar impian kita dan juga seberapa tinggi pencapaian kesuksesan kita, yang perlu kita sadarai adalah bagaimana kita mencapai serta mempertahankannya, nah untuk itu tentunya perlu senantiasa berusaha dong yang semakin lebih baik dari sebelumnya kan, kita-kira idealnya begitu dyeh ( ini ulasan arti logo apa kolom motivasi pak?)

Arti Logo
untuk objek candi atau punden berundak, dalam hal ini yang ingin penulis tonjolkan maknanya adalah dari segi kotak-kotaknya yang berati "Plural" atau "Bhinneka" (apaan tuh Cing!) jadi begini, secara sadar atau tidak tentunya sebuah perkumpulan itu tidak terlepas dari kebermacaman orang di dalamnya, entah dari strata atau latar belakang keluarga atau bahkan hal yang paling mendasar sekalian semacam keyakinan. Nah di Komunitas Blogger Malang Selatan inilah sebuah wadah yang tanpa melihat itu semua, yang semata-mata murni ihlas berkumpul dengan hati untuk saling bertukar dan mencari ilmu yang terikat benang merah dalam satu hal yaitu ngeblog., itu aja. Trus untuk tulisan Malang Selatan Bloggernya hanya merupakan aksentuasi atau penekanan identitas ikatan kekeluargaan yang ada (jangan-jangan mo nyaingin ibu PKK nih...he..he..). so seprti itulah kira-kira ulasannya. ada kurangnya ya mohonlah dimaafkan, kalo ada lebihnya ya mohon juga jangan dibilang kalo penulis besar kepala...he..he..trims ya udah baca ampe habis. udah deh jangan lupa ngapdit blognya wes. maju terus BMS.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Estetika dalam Seni dan Desain

Oleh : Dr. Agus Priyatno, M.Sn*

Estetika atau nilai-nilai keindahan ada dalam seni maupun desain, yang membedakan adalah estetika dalam seni untuk diapresiasi, sedangkan estetika dalam desain adalah bagian dari sebuah fungsi suatu produk.

Dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Selain memenuhi fungsi, ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).
Aspek keamanan berarti suatu produk desain tidak mencelakai pemakainya. Aspek ergonomi berarti suatu produk desain proporsinya pas ketika dipakai. Aspek keindahan berarti suatu produk disain harus enak dilihat.
Sebuah kursi harus kuat supaya tidak rubuh ketika diduduki, maka ini berkaitan dengan keamanan. Kursi harus proporsional dengan ukuran manusia, sehingga terasa pas dipakai. Tidak terlalu tinggi at…

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Image Source : Inconclusion

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX di salah satu SMP Swasta kota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan elekton. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang seorang Jawa mendengarkan lagu tersebut karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya).

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada dua sosok orang penting di negeri ini, yang pertama tepatnya beberapa tahun yang lalu saat bapak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono)…

Memahami Seni (Lukis) Modern

Oleh : Dr. Agus Priyanto*
Kapan permulaan senilukis modern? Banyak jawaban muncul berkaitan dengan pertanyaan ini. Sejumlah pakar seni memberi jawaban berdasarkan argumentasi mereka masing-masing. Senilukis modern adalah julukan bagi senilukis yang memuat kreativitas individu dan unsur-unsur kebaruan di dalamnya.

Berdasarkan definisi ini, senilukis modern mencakup lukisan-lukisan sejak zaman prasejarah, hingga kini yang memiliki karakteristik. Pengertian senilukis modern ini menunjukkan, modern adalah hal yang berkaitan dengan karakteristik, bukan waktu. Modern setiap zaman bisa berbeda-beda kualitasnya, sejauh lukisan memiliki karakteristik, maka dapat disebut seni lukis modern.

Definisi Para Pakar

Para ahli sejarah seni di Barat tidak bisa menyatakan batas pasti permulaan senilukis modern. Sarah Newmeyer dalam Enjoying Modern Art (1955) menyatakan, "Seni modern boleh jadi sebuah lukisan seekor bison yang digoreskan duapuluh ribu tahun lalu, pada dinding gua Lascaux di Selatan Pran…