F Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto | Ismanadi -->

Lagu Malang Awe Awe Ala Peni Suparto

Photo by Rewardy Fahmi on Unsplash

Pertama kali tahu lagi ini gara-gara persiapan acara Penyerahan Kembali Siswa Kelas IX disalah satu SMP Swasta Kkota Malang. Waktu itu regu paduan suara sedang getol-getolnya berlatih dengan iringan keyboard tunggal. Rasa penasaran dengan lagu ini akhirnya membawa saya untuk bersilaturrahim kepada paman Google, untuk minta tolong penerawangannya guna mencari lokasi “gratis” mendapatkan lagu itu. Dan gayungpun bersambut, tak sampai 5 menit sayapun telah berhasil menyimpan file Mp3-nya kedalam harddisk (semoga nggak dikatakan membajak, karena untuk konsumsi pribadi). Setelah beberapa kali saya putar, cukup menarik bagi saya pribadi yang memang asli orang Jawa mendengarkan lagu tersebut, karena memang liriknya berbahasa Jawa (sekalipun ada beberapa kata yang saya kurang paham maksudnya). 

Mendengarkan lagu Malang Awe-Awe ini sedikit mengingatkan saya kepada Alm. Mayor Jenderal TNI Moch. Basofi Sudirman, mantarn Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998. Sebagai Gubernur Jawa Timur, beliau juga sempat melantunkan lagu “Tidak Semua Laki-Laki” yang bergenre Pop Dangdut. Pun demikian dengan lagu Malang Awe-Awe yang dilantunkan oleh seorang pejabat pemerintahan. Beliau adalah Drs. Peni Suparto, MAP. Tokoh yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Malang ke-10 inilah yang mempopulerkan lagu Malang Awe-Awe yang yang diciptakan oleh Barep Yoga Sunar bisa dikategorikan bergenre Campursari. Sebuah lagu yang mencitrakan keadaan kota Malang baik sebagai kota Industri, Pariwisata dan juga Pendidikan. Berikut ini lirik lagu dari Malang Awe-Awe 

Elah...kae kutho malang awe-awe 
Ngajak poro kadang kabeh nyambut gawe 
Elah...kae kutho malang awe-awe 
Lanang wadon podho giat wes mestine 

(i) 
Kutho malang bebarengan mangayu bagyo 
Kutho malang muwadi urip kang mulyo 
Ayo podho cancut tali wondho 
Mangun projo kutho malang utomo 
Gemah ripah loh jinawi 

Elah...kae kutho malang awe-awe 
Latah endah apik resik wes pantese 
Elah...kae kutho malang awe-awe tujuane prowisoto sejatine 

Kembali ke (i) 
Kutho malang...kutho malang kutho malang...awe-awe 


Selain lagu Malang Awe-Awe di atas. Pada periode Walikota Malang ke-12 yang dijabat oleh Bapak Sutiaji, beliau juga melantunkan lagu yang menceritakan kondisi terkini dan prestasi kota Malang dengan judul Malang Seger. Dan yang menarik lagi, beberapa lagu berikut juga bertemaka kota Malang yakni Malang Pancen Rame ciptaan Hendika serta sebuah lagu dari sang Maestro Ambyar pak dhe Didi Kempot. 
Malang Seger - Sam Sutiaji

Malang Pancen Rame - Hendika

Ismanadi
Sumber :
- YT Channel Mameck Haryadie.
- YT Channel Sam Sutiaji 
- YT Channel xaxixuxexo83

BERIKAN KOMENTAR ()